| 
Informasi Publik

Informasi Berkala

25/09/2025, 09:43 WITA
Admin Bandara
Foto Informasi Berkala

Informasi Berkala


 

Informasi Berkala

# Judul
1

Sejarah Singkat Bandara Udara Haluoleo
Deskripsi :

Bandar Udara Haluoleo (IATA: KDI, ICAO: WAWW), adalah bandar udara yang terletak di Kabupaten Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara, Indonesia. Sebelumnya bernama Bandar Udara Robert Wolter Monginsidi, pahlawan nasional Indonesia yang dieksekusi oleh Belanda selama Revolusi Nasional Indonesia. Sejak tanggal 13 Februari 2010 nama bandar udara ini diubah untuk menghormati seorang ksatria Konawe bernama Haluoleo. Haluoleo sendiri memiliki arti "delapan hari" dalam bahasa Tolaki. 

Bandara ini menjadi salah satu pintu utama transportasi Kota Kendari dan terus mengalami pengembangan, seperti perluasan apron dan landasan pacu. Pada tahun 2011, apron diperluas, dan landasan pacu diperluas hingga 2.500 meter pada akhir tahun 2012. beberapa peningkatan pelayanan, khususnya dengan adanya fasilitas Aerobridge atau Garbarata yang memudahkan penumpang memasuki kawasan terminal keberangkatan dan kedatangan bandara dan menuju dari dan ke pesawat udara. Dalam rencana lebih lanjut, landasan pacu akan direvitalisasi menjadi 3.100 meter untuk menjadi bandara berstandar internasional. . Hal ini berkaitan dengan frekuensi penerbangan yang meningkat dan adanya penggunaan pesawat generasi terbaru seri tipe Narrow-Body yang digunakan beberapa maskapai seperti; Lion Air, Batik Air, Super Air Jet, Citilink Indonesia, Garuda Indonesia, Pelita Air, Fly Jaya dan Wings Air. Dan apron bandara dapat menampung tidak kurang dari 7 pesawat berbadan lebar Narrow-Body sekelas Boeing 737-900ER maupun Airbus A320


Selain nama bandara, nama Haluoleo juga digunakan untuk perguruan tinggi negeri lokal, yaitu Universitas Haluoleo. Nama Haluoleo dipilih untuk menghormati sosok Haluoleo yang dianggap sebagai pemimpin yang bijaksana dan gigih dalam membela tumpah darahnya.

  • Alamat Lengkap Kantor UPBU Kelas I Haluoleo
  • Jl. Woltermonginsidi, Desa Ambaipua, Kecamatan Ranomeeto, Kabupaten Konawe Selatan, Provinsi Sulawesi Tenggara
  • Telepon : (0401) 3121833, 3121980
  • Fax : (0401) 3121833
  • Website : www.bandarahaluoleo.co.id
  • Website PPID : ppid.bandarahaluoleo.co.id
  • Whatsapp : 0811 400 993
  • Email : ppid@bandarahaluoleo.co.id / ppid.upbuhaluoleo@gmail.com

 

  • Visi dan Misi BLU UPBU Haluoleo

             Visi BLU Kantor UPBU Kelas I Halu Oleo Kendari

“Menjadi bandar udara yang mewujudkan konektivitas transportasi udara yang Handal sebagai pintu masuk perekonomian dan pariwisata di Provinsi Sulawesi Tenggara, serta memiliki komitmen kuat untuk Sinergitas, Integritas, Akuntabel, Adaptif dan Profesional.’’

  • Untuk mencapai visi tersebut di atas, maka telah dirumuskan Misi Kantor UPBU Kelas I Halu Oleo Kendari  adalah sebagai berikut:
  • Melaksanakan pelayanan di bidang penerbangan sesuai standar nasional dan internasional dengan mengutamakan keamanan dan keselamatan penerbangan;
  • Mewujudkan sarana dan prasarana dengan perkembangan Iptek;
  • Mewujudkan kelembagaan efektif yang didukung oleh sumberdaya manusia yang professional;
  • Mengembangkan kemitraan dan kerjasama yang strategis;
  • Melaksanakan pengelolaan administrasi dan kinerja keuangan yang terukur dan akuntabel.

 

  • Struktur Organisasi

           Struktur Organisasi BLU Kantor UPBU Kelas I Haluoleo Kendari

  Profile Pejabat Kantor UPBU Kelas I Haluoleo
Deskripsi :

Informasi mengenai Profil Pejabat Kantor UPBU Kelas I Haluoleo berupa Nama, Jabatan, Sejarah Karir, Sejarah Pendidikan, Penghargaan dan Laporan Kekayaan                                                                                            

DENNY ARIYANTO

Jabatan

Kepala Kantor Unit Penyelenggara Bandar Udara Kelas I Haluoleo
(Mulai menjabat sejak 9 Mei 2025)

Sejarah Karir

  • Kepala Kantor UPBU Kelas II Umbu Mehang Kunda (2023–2025)
  • Kepala Bagian Keuangan dan Tata Usaha (2023)
  • Kepala Kantor UPBU Kelas II Sultan Muhammad Salahuddin (2022–2023)
  • Kepala Kantor UPBU Kelas III Soa (2019–2022)
  • Kepala Kantor UPBU Kelas III Tunggul Wulung, Cilacap (2017–2019)
  • Kepala Kantor UPBU Kelas III Pongtiku, Makale (2017)
  • Kepala Kantor UPBU Kelas III Cakrabhuwana, Cirebon (2015)
  • Inspektur Peralatan dan Utilitas Bandara Level 1 (2013)
  • Pelaksana Seksi Program dan Standarisasi Peralatan & Utilitas Bandara (2011–2013)

 

Sejarah Pendidikan

  • S2 Manajemen Transportasi – Jakarta, 2010
  • S1 Teknik Mesin – Universitas Jayabaya Jakarta, 2005
  • D3 Teknik Mesin – Politeknik Universitas Diponegoro, Semarang, 1998
  • SMA Sint Louis Semarang – Jurusan A1/Fisika, 1995
  • SMP Pangudi Luhur Ambarawa – 1992
  • SD Pangudi Luhur Ambarawa – 1989

LHKPN Denny Ariyanto

 

ANNI SIAHAAN, SE., MA

Jabatan

Kepala Sub Bagian Keuangan dan Tata Usaha
(Mulai menjabat sejak 19 Agustus 2024)

Pernah menjabat sebagai Staf Subbag Tata Usaha dan Rumah Tangga (1997–2010), Arsiparis Terampil Penyelia (2010–2017), Kepala Seksi Pelayanan dan Kerjasama UPBU H.AS Hanandjoeddin Tanjungpandan (2017–2020), Kepala Seksi Keamanan Penerbangan dan Pelayanan Darurat Kantor UPBU Haluoleo Kendari(2021–2024), dan sejak 19 Agustus 2024 menjabat sebagai Kepala Sub Bagian Tata Usaha Kantor UPBU Haluoleo Kendari. Memiliki latar belakang pendidikan SD RK Cinta Rakyat Pematang Siantar, SMP Cinta Rakyat Pematang Siantar, SMA Budi Mulya Pematang Siantar, S1 Manajemen Universitas Sumatera Utara Medan, dan S2 Ilmu Administrasi Institut STIAMI Jakarta. Penghargaan yang pernah diperoleh adalah Satya Lancana Karya Satya 10 Tahun.

 

 

 

QODAR ANSHORY, S.Si.T, M.Si

Jabatan

Kepala Seksi Teknik dan Operasi
(Mulai menjabat sejak 6 November 2023)

Menjabat sebagai CPNS dan Staf Bandara (2002–2004), Asisten Teknisi Penerbangan (2004–2006), Teknisi Penerbangan Pelaksana (2006–2009), Teknisi Penerbangan Pelaksana Lanjutan (2009–2014), Teknisi Penerbangan Penyelia (2014), Kepala Sub Seksi Teknik, Operasi, Keamanan, dan Pelayanan Darurat (2014–2019), Kepala Seksi Pelayanan dan Kerjasama (2019–2023) UPBU Kelas II Syukuran Aminuddin Amir Luwuk, dan sejak 6 November 2023 menjabat sebagai Kepala Seksi Teknik dan Operasi Kantor UPBU Haluoleo Kendari. Memiliki latar belakang pendidikan SD Negeri 3 Nangsri Karanganyar, SMP Negeri 1 Kebakkramat Karanganyar, SMU Negeri 2 Surakarta, D-III PTR (Penilik Teknik Radio) Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia Curug, D-IV Ahli Teknik Navigasi Udara Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia Curug, dan S2 Magister Ilmu Administrasi Universitas Negeri Gorontalo. Penghargaan yang pernah diperoleh adalah Satya Lancana Karya Satya 10 Tahun.

 

TARMAN, S.E.

Jabatan

Kepala Seksi Keamanan Penerbangan dan Pelayanan Darurat
(Mulai menjabat sejak 9 Mei 2025)

Pernah menjabat sebagai Pelaksana Tata Usaha Bandara Haluoleo (2006–2010), Pelaksana Administrasi Keuangan Bandara Haluoleo (2010–2013), Pemroses Keuangan (2013–2014), Pengelola Keuangan (2014–2015, 2018), Pejabat Pembuat Komitmen (2016), Kepala Sub Bagian Tata Usaha (2019–2020), Kepala Kantor UPBU Kelas III Sugimanuru (2020–2021), Kepala Kantor UPBU Kelas III Bade (2021–2022), Kepala Kantor UPBU Kelas III Betoambari Bau-bau (2022–2023), dan sejak 9 Mei 2025 menjabat sebagai Kepala Seksi Keamanan Penerbangan dan Pelayanan Darurat Kantor UPBU Haluoleo. Memiliki latar belakang pendidikan SD Negeri Ranomeeto 1,      SMP Negeri Ranomeeto, SMEA Negeri Kendari, dan S1 Ekonomi Universitas di Kendari. Penghargaan yang pernah diperoleh adalah Satya Lancana Karya Satya 10 Tahun.

 

ALBERT WILSON RIBO, S.Si.T

Jabatan

Kepala Seksi Pelayanan dan Kerjasama
(Mulai menjabat sejak 31 Oktober 2022)

Pernah menjabat sebagai Petugas Telnav Bandara Tampa Padang Mamuju (2005–2009), Teknisi Penerbangan Pertama (2009–2012), Teknisi Penerbangan Pelaksana Lanjutan (2010), Teknisi Penerbangan Penyelia Bandara Tampa Padang Mamuju (2012–2013), Kepala Seksi Teknik, Operasi, Keamanan, dan Pelayanan Darurat UPBU Kelas II Syukuran Aminuddin Amir Luwuk (2017–2022), dan sejak 31 Oktober 2022 menjabat sebagai Kepala Seksi Pelayanan dan Kerjasama Kantor UPBU Haluoleo Kendari. Memiliki latar belakang pendidikan SD Zion GKKA Ujung Pandang, SMP di Makassar, SMK/SLTA Kejuruan Makassar, dan D-IV Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI) Curug, Tangerang. Penghargaan yang pernah diperoleh adalah Satya Lancana Karya Satya 10 Tahun.

 

NICO, S.T., MM

Jabatan

Ketua SPI (Satuan Pemeriksa Intern)
 

Pernah menjabat sebagai Petugas Mekanik Bandar Udara Level I dan II di Kantor UPBU Kelas I Haluoleo Kendari (2013–2015), Teknisi Landasan Bandara Haluoleo Kendari (2007–2015), Teknisi Penerbangan Pelaksana Lanjutan (2015–2021), dan sejak 1 Juli 2021 menjabat sebagai Teknisi Penerbangan Penyelia. saat ini menjabat Ketua SPI ( Satuan Pemeriksa Intern) Kantor BLU UPBU Haluoleo Kendari 2024 – Sekarang. Memiliki latar belakang pendidikan SD Negeri 2 Anggalomoare, SLTP Negeri Puuwatu, SMK Negeri 2 Kendari, D-III Arsitektur Universitas Halu Oleo, S1 Teknik Arsitektur Universitas Muhammadiyah Kendari, dan S2 Magister Manajemen Universitas Halu Oleo.

2 Kegiatan, Program dan Rencana
Deskripsi :

Informasi mengenai surat-surat perjanjian kerja dengan pihak ketiga mengenai Pengadaan Barang dan Jasa, berikut dokumen pendukungnya dapat diraih melalui permohonan informasi publik. 

RKA/KL;  Rencana Kerja

 

Dokumen
Deskripsi :

Dokumen data kepegawaian dan keuangan:

Data Kepegawaian Data Keuangan Data Kepatuhan LHKASN

 

Pengadaan Barang dan Jasa
Deskripsi :
Informasi tentang pengadaan barang dan jasa di Kantor UPBU Kelas I Haluoleo. 

 

3

Laporan Pelaksanaan Kegiatan
Deskripsi :

Informasi mengenai ringkasan laporan pelaksanaan kegiatan berjalan di Kantor UPBU Kelas I Haluoleo :

Laporan Tahunan (LAPTAH) Laporan Keuangan (Audited)

Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP)

Laporan Barang Milik Negara 

 

4 Daftar Informasi Publik
Deskripsi :

Informasi mengenai Daftar Informasi Publik Kantor UPBU Haluoleo

  • Daftar Informasi Publik 2025
5 Informasi dan Pengaduan
Deskripsi :

Informasi mengenai kanal informasi dan pengaduan :

  • Contact Center ;
    • Kanal pengaduan dan informasi melalui sambungan langsung Contact Center (0401) 3121833, 3121980, melalui email ke ppid.upbuhaluoleo@gmail.com dan juga layanan Whatsapp di nomor 0811 400 993
  • Sistem Manajemen Pengaduan (SIMADU);
    • Simadu adalah aplikasi Whistleblowing System (WBS) Kementerian Perhubungan untuk memproses pengaduan dan pemberian informasi oleh whistleblower sehubungan dengan adanya perbuatan yang melanggar perundang-undangan, peraturan/standar, kode etik, dan kebijakan, serta tindakan lain yang sejenis berupa ancaman langsung atas kepentingan umum, serta Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme (KKN).
  • Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) - Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR!) 
    • Pengelolaan pengaduan pelayanan publik di setiap organisasi penyelenggara di Indonesia belum terkelola secara efektif dan terintegrasi. Masing-masing organisasi penyelenggara mengelola pengaduan secara parsial dan tidak terkoordinir dengan baik. Akibatnya terjadi duplikasi penanganan pengaduan, atau bahkan bisa terjadi suatu pengaduan tidak ditangani oleh satupun organisasi penyelenggara, dengan alasan pengaduan bukan kewenangannya. Oleh karena itu, untuk mencapai visi dalam good governance maka perlu untuk mengintegrasikan sistem pengelolaan pengaduan pelayanan publik dalam satu pintu. Tujuannya, masyarakat memiliki satu saluran pengaduan secara Nasional. 
    • Untuk itu Pemerintah Republik Indonesia membentuk Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) - Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR!) adalah layanan penyampaian semua aspirasi dan pengaduan masyarakat Indonesia melalui beberapa kanal pengaduan yaitu website www.lapor.go.id, SMS 1708 (Telkomsel, Indosat, Three), Twitter @lapor1708 serta aplikasi mobile (Android dan iOS).
6 Informasi Khusus Pelayanan Publik yang Berkaitan dengan Hak-Hak Masyarakat
Deskripsi :
Informasi yang berkaitan dengan hak-hak masyarakat dalam pelayanan publik misalnya terkait perizinan dan layanan di Kementerian Perhubungan. Seluruh layanan publik Kementerian Perhubungan bagi masyarakat ada di HUBNET atau Sistem Penghubung Layanan Transportasi (SPLT) Kementerian Perhubungan Republik Indonesia.

HUBNET merupakan singkatan dari Perhubungan Network yang merupakan Sistem Penghubung Layanan Transportasi (SPLT) yang disediakan oleh Kementerian Perhubungan untuk mendorong percepatan trasnformasi digital sektor transportasi, menguatkan penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik, serta memudahkan kolaborasi lintas pemangku kepentingan di sektor transportasi.

https://hubnet.kemenhub.go.id/